Sabtu, 23 Juni 2012

CITILINK INDONESIA: resmi lepas dari Garuda


JAKARTA : Maskapai penerbangan Citilink, akhirnya resmi lepas dari induknya PT Garuda Indonesia Tbk dan berdiri sendiri dengan nama PT Citilink Indonesia dengan kode registrasi G1 pascaterbitnya Air Operator Certificate pada 1 Juli 2012.

Direktur Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKUPPU) Kementerian Perhubungan Diding Sumardi mengatakan proses pengurusan Air Certificate Operator (AOC) atau sertifikat pengoperasian sudah selesai, dan ditarget sudah dapat diserahkan kepada maskapai.

"Proses AOC sudah selesai, kami merencanakan pada 1 Juli 2012 akan memberikan AOC kepada Citilink," katanya, Senin, 11 Juni 2012.

Dia menjelaskan dengan adanya AOC bagi Citilink, unit bisnis strategis Garuda Indonesia tersebut secara otomatis akan menjadi maskapai yang terpisah dari Garuda, atau sudah menjadi anak usaha maskapai BUMN tersebut.

Vice President Citilink M. Arif Wibowo mengatakan pihaknya akan langsung terbang sebagai badan usaha terpisah dari Garuda begitu dapat AOC dari posisi saat ini yang beroperasi sebagai unit bisnis strategis Garuda.

Nantinya nomor registrasi yang dipersiapkan untuk Citilink adalah G1. Registrasi tersebut akan diusulkan ke Asosiasi Penerbangan Udara Internasonal (IATA).

"Sekarang nomor register yang memakai huruf seperti misalnya Garuda registernya GA sudah habis. Maskapai baru hanya bisa mengusulkan campuran huruf dan angka, karenanya Citilink mengusulkan G1," kata Arif. (ra)